[Kota Tua Padang, Sumatera Barat yang terlupakan] – Bekas Stasiun Kereta Api

Di kawasan Kota Lama yang saya  lewati terdapat pula  jalur kereta api pertama yang dibangun oleh kolonial Belanda, bersama stasiunnya masih bisa dilihat. Jalur kereta api Pulau Aie (Pulau Air) menghubungkan Pulau Air (Padang) ke Padang Panjang sepanjang 71 km. Jalur ini kelar dibangun pada 1891 dan menjadi jalur utama perdagangan di Padang.  

Sejak 1980-an jalur ini berhenti beroperasi. Rel masih bisa dilihat di kawasan kota Padang ini. Rel ini bisa berada di dalam rumah atau menjadi bagian teras sebuah rumah. Sejak tidak beroperasi, kawasan itu kemudian tumbuh menjadi permukiman warga.

Kondisi Stasiun Pulau Aie (Padang), yang merupakan cagar budaya, cukup mengkhawatirkan. Meski masih terlihat kokoh, namun di beberapa titik terlihat retakan yang lumayan dalam di dinding, termasuk di sambungan tembok. Hampir seluruh material stasiun ini masih asli, termasuk lantainya.

 Image

Stasiun Kereta Api yang dibangun oleh kolonial Belanda yang menjadi cagar budaya

Menengok lebih ke belakang, ke gedung yang bisa jadi dulu berfungsi sebagai depo, kondisinya sudah lebih parah. Di satu sisi sudah ambruk akibat gempa akhir September lalu yang mengguncang Sumatra Barat terutama di Padang. Belum lagi retak-retak yang terjadi di sekujur tembok. Sayangnya, gedung itu tak bisa ditilik hingga ke dalam karena sudah dimiliki oleh pihak lain.

Kondisi saat ini seperti yang terlihat pada foto-foto dibawah ini masih merupakan aset PT. Kereta Api Indonesia (Persero), kondisinya sudah sangat memprihatinkan dan lebih banyak dipakai untuk gudang-gudang, warung, bengkel serta pemukiman masyarakat setempat.

Image

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s