KEINDAHAN PANTAI PULAU PISANG BESAR

Pulau Pisang Besar merupakan salah satu dari sekian banyak pulau-pulau indah yang ada di provinsi Sumatera Barat, tepatnya berada di 000 59’ 36” LS dan 1000 20’00” BT, berhadapan langsung dengan pantai yang sudah melegenda di Indonesia yaitu pantai air manis atau pantai Malin Kundang.

Luas Pulau Pisang Pisang besar ini + 21,12 km2 dihuni oleh 5 Kepala Keluarga dengan mata pencaharian sehari-harinya adalah nelayan dan termasuk di dalam kecamatan Padang Selatan.

Peta Padang

Bagi mereka yang melakukan perjalanan dari kota Padang, lokasi dapat dicapai melalui angkutan kota menuju Rawang berhenti dipertigaan jalan menuju Pantai Air Manis. Sayang nya dari pertigaan Air Manis tidak ada angkuan kota yang menuju lokasi harus mencarter atau memakai jasa ojeg. Ada dua pulau Pisang disana, yang pertama Pulau Pisang Kecil dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 100 m dengan melawati laut dengan kedalaman 1m apabila pasang, yang kedua Pulau Pisang Besar itu harus dicapai dengan menyewa kapal nelayan dengan tarif Rp. 100.000,- PP.Perjalanan dari Pantai Air Manis menuju Pulau Pisang Besar ditempuh selama + 20 menit dengan perahu nelayan.

Pantai Pulau Pisang Besar berbeda dengan Pantai Air Manis, Pantai Pulau Pisang memiliki pantai berpasir putih bersih seperti hamparan kapas apabila kita lihat dari kejauhan.

6

Ada tempat bersejarah yaitu bekas dermaga kecil buatan jaman Belanda yang kondisinya sudah hancur yang tampak bekas-bekas batu pondasinya saja, konon dulu dermaga ini digunakan oleh para kompeni Belanda untuk tempat berlindung sebelum menuju ke Kota Padang dan Bukit Tinggi serta ada gua dari arah pantai menuju ke  pulau tersebut dan masih bisa kita telusuri.

Dari pantai Pulang Pisang kita dapat melihat megahnya gedung Mako Lantamal II Padang serta indahnya pemandangan Lautan Hindia. Namun lebih mengasyikan jika kita menikmati pemandangan laut dengan makan bersama menikmati ikan bakar di pinggir pantai di bawah pohon waru. Jenis-jenis ikan yang kita bakar tergantung dari hasil tangkapan para nelayan seperti ikan kwe, kakap merah atau yang lain, cukup nikmat karena ikan tersebut masih fresh.

Lebih asyiknya lagi 10 – 20 m dari garis pantai kita dapat bersnorkling walaupun terumbu karangnya belum secantik dan seindah terumbu-terumbu karang di Bunaken atau Raja Empat. Hal ini dikarenakan pada pada 30 september 2009 terjadi gempa besar berkekuatan 8,9 SR yang meluluhlantakkan kota Padang termasuk terumbu-terumbu karangnya. Tetapi saat saya bersnorkling disekitar pantai tersebut sudah mulai terbentuk terumbu-terumbu karang muda dan dihuni oleh beberapa jenis ikan hias yang cantik-cantik.

 

 

4

Sayangnya potensi wisata ini belum dikelola secara maksimal oleh pihak-pihak yang berkompeten , padahal apabila ini dikelola dengan baik bukan tidak mungkin turis-turis baik itu turis lokal maupun manca negara akan berduyun-duyun mengunjungi dan menikmati keindahan pantai Pulau Pisang ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s